Senin, 07 September 2009

Batuk berdahak lama ? Mungkin TB Paru


Penyakit TB Paru yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis merupakan suatu penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Penyakit ini terkadang disepelekan oleh penderita. Faktor lain adalah ketakutan penderita bila dinyatakan positif TB Paru, karena berpengaruh pada lingkungan sosial. Masyarakat akan takut dengan penderita karena membawa kuman yang tak dapat dilihat dengan mata kepala. Penyakit ini sangat menular dari satu orang ke orang lain.
Puskesmas Batua kota Makassar sebagai salah satu Puskemas PRM (Pusat Rujukan Medik) dari beberapa Puskesmas Satelit. Yakni Puskesmas Antang, Puskesmas Antang Perumnas, Puskesmas Manggala dan Puskesmas Pampang. Puskesmas Batua menerima rujukan Mikroskopis sputum penderita dari keempat Puskesmas tersebut. Petugas Laboratorium Puskesmas Batua ; Naba,SKM siap untuk memeriksa sputum tersebut guna konfirmasi hasil pemeriksaan kepada pasien serta pemberian pengobatan. Pelayanan mulai dari pemeriksaan dokter sampai penatalaksanaan pengobatan serta pengamatan pemberian obat gratis di Puskesmas.
Untuk itu diharapkan kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Batua dapat langsung menghubungi petugas P2TB Paru Puskesmas Batua Kota Makassar, Ramluddin,SKM guna konfirmasi lebih lanjut bila menemukan anggota keluarga, atau tetangga, maupun diri sendiri yang mengalami batuk lama yang disertai dahak berdahak, gratis koq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar