Selasa, 08 September 2009

Perlukah suatu perencanaan ?


Sebuah perencanaan adalah desain yang dibuat sebagai model untuk melaksanakan suatu kegiatan. Tapi kenyataan yang banyak kita jumpai adalah pemikiran yang cepat tergantung situasi. Lupakan perencanaan katanya apalah gunanya. Mana lagi ada Puskesmas di kota Makassar yang membuat perencanaan yang melibatkan semua program. Mikro planning yang sebenarnya harus dilaksanakan tidak lagi menjadi hal yang wajib dilaksanakan. Jadinya Perencanaan Tiba Masa Tiba Akal. Jadilah satu dua orang yang membuat rencana yang tidak disosialisasikan secara menyeluruh kepada seluruh staff yang ada.
Ini yang harus kita ubah, semua program harus duduk bersama membahas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, walaupun itu memang harus dirangkum oleh sebuah tim perencana. Perencanaan dapat berupa perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Kalau sudah ada kesepakatan inilah yang dijadikan patron atau acuan dalam melaksanakan kegiatan. Yang perlu dilaksanakan selanjutnya adalah melaksanakan evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan tiap bulan atau pertriwulan, kegiatan apa yang telah mencapai target dan mana yang belum. Cari solusi bersama untuk dapat memenuhi target yang diharapkan.
Puskesmas yang terdiri dari beberapa unit fungsional harus bersinergi saling ketergantungan antara unit satu dengan yang lainnya. Tidak ada lagi pengkotak-kotakan saya bagian ini dan saya tidak mau terlibat pada bagian lain. Inilah prinsip yang banyak kita dapatkan dikalangan staff. Manajemen Puskesmas beserta staff adalah satu tim yang harus saling membantu antara satu dengan lainnnya. Bukan sikap egoisme yang ditonjolkan. Atau memang kita berada pada zaman egoisme??
Adapula yang kita jumpai pada setiap unit kerja adalah staff yang carmuk di depan pimpinan, menjelekkkan sesama teman dan banyak lagi isue-isue yang diangkat guna menjatuhkan reputasi teman. Kasihan pimpinan yang gampang diprofokasi oleh isue yang tidak populer. Tapi kita juga harus akui bahwa pimpinan dan staff adalah manusia biasa yang dapat melakukan suatu kesalahan. Ini juga dapat merusak perencanaan.
Perencanaan kalau memang sulit untuk dibuat, sebenarnya tidaklah benar. Memang hal ini sulit karena masing-masing staff hanya diberi format lalu minta dikumpulkan. Yah, baiknya kita kumpul bersama siapa yang belum mengerti dapat dibimbing bersama, dicarikan solusinya. Yang berat akan ringan jika bersama. Ini adalah salah satu fungsi manajemen. Manajemen sumber daya manusia sangat potensial untuk merubah karena dapat menjadi change of agent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar