Selasa, 08 September 2009

Selayang Pandang Puskesmas Batua

Puskesmas Batua sesuai dengan Undang-Undang No.9 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Kesehatan (lembaran Negara tahun 1960 no. 131 tambahan lembaran negara no 2068 sebagai Puskesmas Pendukung Inpres No.4 tahun 1976-1977 dengan wilayah kerja mencakup : disebut Puskesmas Panakkukang

1.Kelurahan Tello Baru
2.Kelurahan Panaikang
3.kelurahan Antang
4.Kelurahan Tamangapa
5.Kelurahan Karuwisi

Peralihan nama Puskesmas Panakkukang menjadi Puskesmas Batua pada tanggal 1 November 1987 didasarkan upaya peningkatan Puskesmas sekotamadya Ujung Pandang dari 13 Puskesmas Menjadi 27 Puskesmas.

20 Juni 1992 ; Keputusan Walikota Madya Kepala Daerha Tk II Ujung Pandang No 1551/1992 tentang Penetapan Armada dan wilayah kerja Puskesmas dan Puskesmas Pembantu dalam wilayah kota madya daerah tingkat II Ujung Pandang. Dari 27 Puskesmas menjadi 31 Puskesmas hingga Puskesmas Batua membawahi kelurahan Tello Baru.

Pemekaran wilayah kelurahan di Kota Makassar yang mana ditetapkan beberapa Puskesmas pembantu ditetapkan sebagai Puskesmas sehingga wilayah kerja Puskesmas Batua menjadi 4 kelurahan yaitu :
1.kelurahan Batua kec. Manggala
2.kelurahan Borong kec Manggala
3.kelurahan Paropo kec Panakkukang
4.kelurahan Tello Baru kec Panakkukang

Puskesmas Batua
Letak : Jl. Abdullah Dg.Sirua No.338
Kelurahan Batua,
Kecamatan Manggala
Kota Makassar
Propinsi Sulawesi Selatan
Wilayah Kerja :
1.Kelurahan Batua Kec.Manggala : 11 RW
2.Kelurahan Borong Kec. Manggala : 11 RW
3.Kelurahan Tello Baru Kec Panakkukang : 11 RW
4.Kelurahan Paropo Kec. Panakkukang : 10 RW
Visi
Menjadi Puskesmas dengan pelayanan terbaik di Makassar
Misi :
1.meningkatkan sarana prasarana
2.meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan secara berkelanjutan
3.mengembangkan jenis pelayanan dan mutu pelayanan kesehatan
4.meningkatkan sistem informasi dan manajemen puskesmas
5.mengembangkan kemitraan
6.meningkatkan kemandirian masyarakat
Nilai-nilai organisasi
SEGAR
Senyum, merupakan modal dalam memberi pelayanan
Efektif dengan pelayanan tepat guna, berdaya guna , berhasil
Gerakan, adalah upaya cepat tindak dalam pemberian pelayanan kes masy
Amal merupakan bentuk kerelaan hati petugas dalam memberi pelayanan
Ramah adalah sikap yang tertanam dalam jiwa petugas kesehatan

Sarana prasarana
Gedung poliklinik : 1 unit
Gedung kantor : 1 unit
Gedung Rawat Inap/RB : 1 unit
Ruang Obat : 1 unit
Rumah dinas : 3 unit
Pustu : 1 unit
Poskesdes : 1 unit
Mobil Puskel : 1 unit
Kendaraan roda dua : 3 unit
Telepon : 0411-493808
Air : PDAM + sumur
Listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar